Teknik Penulisan Resume

 

Senin, 29 April 2024

Mantra Ajaib Om Jay “Menulislah setiap hari maka lihat apa yang terjadi” walaupun saya belum bisa menulis setiap hari tapi setidaknya sudah bisa membaca setiap hari karena menulis tanpa membaca akan hampa kata-kata. Malam hari ini materi yang di sajikan adalah tentang cara menulis Resume. Yang disampaiakan oleh ibu Ralyanti nama yang sering saya dengar di TSO. Beliau biasa di panggil dengan bu Rali. Yang pada kesempatan ini ditemani oleh Bu Sita yang juga sama-sama dipertemukan dikegiatan KBMN dan bergabung di TSO.

Membuat resume ini adalah bagian dari pelatihan KBMN karena dalam setiap pertemuan kelas belajar menulis, peserta diminta untuk membuat resume yang kemudian diposting di blog. Nantinya link postingan tersebut dikirim ke link pengumpulan tugas dan dishare di grup KBMN. 

Walaupun sebenarnya saya masih belum percaya diri tapi apa salahnya mencoba lagi, kata ibu narasumber PDnya seorang itu akan tersirat dari kata-kata yang dituliskan. Karena menulis resume menurut saya harus sering di latih agar tulisan kita tidak hanya cepat tapi juga tepat dan akurat.

Dalam menulis resume hal-hal yang ditulis adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Yang di tulis cukup intisari atau pokok informasi tanpa menghilangkan detail atau bagian dari tulisan.

Cara menulis resume dengan benar diantaranya: Amati, Modifikasi, hindari copy, kembangakan materi. ambil refleksi (kesimpulan) dan gunakan gaya bahasa sendiri.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis resume yaitu: Pertama, menulis resume dengan paragraf yang pendek. Kedua, memparafrasekan bahasa dengan gaya bahasa sendiri.

Trik membuat resume dengan cepat yaitu dengan "ritual" dan ritual ini bisa untuk ditiru agar resume yang ditulis lebih cepat dan isinya padat.

kata beliau untuk mendukung kecepatan menulis dapat menggunakan 2 perangkat seperti laptop dan hp. HP untuk membaca materi dan laptop untuk menulis resume.

Dalam menulis resume agar lebih menarik bisa menyisipkan kutipan.

Mengapa perlu menulis resume dengan cepat? jawabannya untuk menarik banyak pengunjung yang mampir ke blog. dan salah satunya menurut beliau selalu mendapatkan hadiah kejutan berupa buku yang didapatkan secara gratisan. Waw menarik he,,,

Selanjutnya terus berlatih menulis dan mencoba menulis diberbagai platform seperti menulis di Kompasiana, di Blog atau CC di Channel Youtube.

Resume bisa dijadikan buku. Apakah bisa? Tentu bisa. Narasumber menjelaskan begini caranya agar tulisan resume bisa di jadikan sebuah buku:

1. Buat TOC/Daftar isi

2. Pilih beberapa resume yang akan dijadikan buku

3. Pindahkan ke ms word.

4. Rapikan

5. Cari penerbit

Demikian resume yang dapat saya ambil dari materi malam ini. Semoga dapat memberi kebermanfaatan untuk semua. Salam Literasi dari orang Serang Banten. Aje Kendor!



Komentar

  1. Jauh dari sempurna bu masih perlu banyak belajar

    BalasHapus
  2. Sangat menarik untuk dibaca, mantap isinya

    BalasHapus
  3. Menarik dan Informatif tulisannya... semangat terus yaa, buu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi sdh berkunjung ibu sngnya dikomentari Ibu narasumber

      Hapus
  4. Tulisan yang menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Mkasi ibu alam kenal Atin dari Serang banten

      Hapus
  6. sip...semangat bu atin, salam kenal dari Jakarta ya bu, achienk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salm kenal jg bu dr seramg banten, Waah mlm ini jd F1 selamat yah hebaat!!

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar dengan AI (Artificial Intelligence)

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Menulis Itu Mudah