Menulis Setiap Hari

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI GELOMBANG 30

Resume ke         :1

Tema                   :Menulis Setiap Hari

Waktu                 :19.00 s.d selesai

Hari/Tanggal     :Senin, 16 Oktober 2023

Narasumber      :Dr.Wijaya Kusumah, M.Pd.

Moderator         :Muliadi

Penulis                :Atin Mintarsih

Pada pertemuan pertama ini narasumber menyampaikan materi dasar bagaimana menjadi seorang penulis pemula. Tentu saja banyak kesulitan yang dialami oleh seorang pemula, seperti saya. Kesulitan terbesar dalam menulis adalah memulainya. Seperti yang disampaikan Om Dok Jay " Menulislah dulu maka ide akan datang". Ide dalam menulis bisa diperoleh dari kisah nyata dan kisah fantasi ( fiksi ). Kisah - kisah nyata yang kita alami dalam kehidupan sehari - hari dapat kita jadikan inspirasi untuk menulis atau bisa juga hal - hal yang kita khayalkan sehingga menjadi sebuah cerita fiksi. Agar ide -ide dari tulisan kisah nyata tidak hilang, dapat dituliskan di blog gratis.

Bagaimana cara membuat kisah nyata menjadi sebuah tulisan? Caranya sangat mudah yaitu dengan membuat dokumentasi foto dan vidio. Dari sebuah foto atau atau video itulah kita dapat mengembangkan ide menulis. Tulisan yang kita buat sebaiknya kita posting di blog pribadi atau kompasiana. Perbedaan dari kedua blog tersebut adalah pembacanya. Di kompasiana jumlah pembaca jauh lebih banyak dan mendapat uang berupa gopay. Sehingga dengan menulis akan menumbuhkah hoby yang berbayar. Semua orang dapat menulis di blog, baik yang gratis ataupun berbayar bahkan dibayar.

Menulislah setiap hari, buatlah konten berupa teks, foto, atau vidio dan posting di media sosial. Mengapa itu harus diposting dan mengapa menulis harus diblog? Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibanya dapat dirasakan kalau kita penulis memiliki blog dan mengelola blognya dengan baik. Di dalam blog dapat dimasukkan foto, vidio dan slide presentasi dengan kapasitas file unlimited. Blog adalah buku digital yang membuat kita berlatih menulis dan menemukan ide untuk menulis. Kita menjadi penulis di blog sekaligus adminnya. Seburuk apapun tulisan kita, pasti disetujui oleh admin. Maka salah satu syarat dalam menulis adalah memiliki blog. Kita juga dapat memasukkan video - video dalam blog dari video sederhana sekalipun. Selain video, kita juga dapat memasukkan foto. Dari video atau foto itulah dapat kita wujudkan dalam tulisan.

Bedanya menulis di blog pribadi dan Kompasiana adalah pembacanya. Di kompasiana pembaca jauh lebih banyak dan dapat uang berupa gopay. Sehingga menulis adalah hobi yang dibayar. Semua orang bisa menulis di blog gratisan dan berbayar bahkan dibayar. Waw keren.

Blog adalah alat rekam yang ajaib. Keajaibannya dapat anda rasakan kalau anda memiliki blog dan mengelola blog dengan baik. Di dalam blog anda bisa memasukkan foto, video dan slide presentasi dengan kapasitas file unlimited. Blog adalah buku digital yang membuat kita berlatih menulis dan menemukan ide untuk menulis.

Menulis itu merupakan kegiatan tanpa modal tapi bisa menghasilkan sesuatu di kemudian hari, omdokjay sudah membuktikannya, beliau mendapatkan beasiswa untuk ke jenjang S3 berkat menulis. Jadi menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Tips menulis setiap hari dari Om Dok Jay:

1. Paksakan diri untuk menulis setiap hari

2. Jadikan menulis suatu kebutuhan. Ibarat makan dan minum setiap hari

3. Perbanyak membaca

4. Mulailah menulis di blog gratisan

5. Menulis di berbagai blog/web contoh Kompasiana.com

6. Menulis setiap hari

7. Menulis dari yang disukai dan dikuasai

8. Menulis dengan rumus 5W plus 1H (What, Who, When, Where, Why, dan How)

9. Percaya diri, jangan takut tidak ada yang membaca tulisan kita

       Semoga setelah mendapatkan beberapa tips dari omdokjay membuat diri kita semakin semangat untuk menulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar dengan AI (Artificial Intelligence)

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Menulis Itu Mudah