YUK BELAJAR MENULIS BIOGRAFI!

Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI

Judul                  : Menulis Biografi

Resume ke         : 28

Gelombang        : 30

Hari/Tanggal     : Senin, 18 Desember 2023

Nara Sumber    : Lely Suryani, S.Pd., SD.

Moderator         : Raliyanti

 


Naik Kuda Pakai Pelana

Sapi Gendut jalannya lama

Walaupun tulisan ini sederhana

Semoga bermanfaat untuk pembaca

Malam ini sudah kalah banyak, waktu dihabiskan untuk mengerjakan rentetaan tugas sekolah, dan hati seketika ingat ada jadwal pelatihan menulis malam ini, dan sudah tertinggal 60 menit. Deg,,,! Namun tidak ada kata terlambat. Menulislah ikutilah kata hatimu. Kata penyemangat muncul dari ibu moderator yang bijaksana beliau mengatakan “Dunia mengenalimu dari tulisan tentang siapa kamu”. Imam Ghazali pernah berkata, "Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah" maka mari bersegera menulis agar ide dan gagasan kita dapat tertuang dengan kata-kata. Malam ini adalah pertemauan ke 28. Materi malam ini tentang menulis biografi. Berikut Profil narasumber:

https://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com/2023/01/profil-lely-suryani.html

Sebelum ke pemamparan materi ibu narsum memberikan tantangan pertama yaitu meminta peserta untuk membaca sebuah tulisan yang ada di melintas.id dengan cara:

1. Masuk Chrom

2. Ketik MELINTAS.ID

3. Klik rubrik Literasi

4. Ketik Biografi

5. Cari tulisan dengan gambar cover buku 50 Tahun Lebih Dekat dengan Om Jay

6. Baca

7. Cari kalimat yang menjelaskan apa itu biografi.8.  salin

9. Copas ke grup KBMN 30

10. 3 pertama akan mendapat buku dari saya

Dari tulisan beliau tersebut menjelaskan apa saja yang berkaitan dengan pengertian biografi, manfaat dan cara-cara menulis biografi. Secara garis besar isinya kurang lebih sebgai berikut:

Biografi berasal dari Bahasa Yunani, bios yang berarti hidup dan grafien yang berarti menulis. Biografi terjadi dari dua kata yaitu bio yang artinya hidup dan graf yang berarti tulisan. Arti dari biografi adalah tulisan tentang kehidupan. Menurut WJ.S. Poerwadarminta dalam buku Kamus Umum Bahasa Indonesia, biografi berarti riwayat hidup, sedangkan menurut KBBI daring  bahwa biografi adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Manfaat menulis biografi:

1. Sebagai inspirasi

Berkaitan dengan tokoh yang ditulis, setelah diketahui dari awal hingga pencapaianya, itu semua butuh perjuangan. Memerlukan kerja keras dan pengorbanan.

2. Sebagai motivasi.

Dengan menulis biografi seorang tokoh  bisa untuk memotivasi diri, agar lebih kuat lagi berusaha agar bisa sukses.

Cara menulis biografi secara efektif:

1. Hal pertama yang mesti kita lakukan adalah memilih dan menetapkan tokoh yang akan ditulis riwayat hidupnya.

2. Harus minta izin kepada tokoh yang dimaksud dan/atau kepada keluarga dekatnya. Hal ini penting dilakukan agar memudahkan penulisan, juga menjunjung tinggi nilai etika.

3. Mencari dan mengumpulkan  sumber data.

Dalam  hal mencari dan mengumpulkan sumber data tentang tokoh yang akan ditulisnya, sumber data harus benar-benar valid dan mengetahui perjalanan hidup sang tokoh secara lengkap dan pasti.

4. Segera menyusun tulisan.

Setelah  data terkumpul lengkap, segera susun tulisan berurutan sesuai waktu. Misalnya, dimulai dari masa kecil, kemudian masa sekolah hingga keberhasilan-keberhasilannya.

5. Komunikasi intensif

Agar hasil tulisan sesuai harapan dan kesepakatan, maka lakukanlah komunikasi secara terus menerus pada setiap bagian-bagiannya. Jadi, setiap bagian biografi harus dipastikan mendapat persetujuan dari tokoh atau keluarga dekatnya. Jika ada bagian yang tidak diperkenankan, penulis harus mengubah atau menghapusnya.

6. Finishing

Pada kegiatan finishing, jika sebuah biografi secara keseluruhan sudah selesai dan di-acc oleh tokohnya, maka selanjutnya adalah pembenahan dan melakukan pemeriksaan kembali keseluruhan buku dari awal hingga akhir.

7. Cetak dalam bentuk buku atau ebook.

Karena buku biografi bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi serta menyebarkan kebaikan-kebaikan tokoh maka perlu adanya publikasi. Publikasi bisa berbentuk buku yang dicetak atau mengikuti perkembangan teknologi dalam bentuk ebook.

Sumber:

https://www.melintas.id/literasi/342754863/menulis-buku-biografi-secara-efektif-mudah-dan-cepat-ikuti-saja-aturan-mainnya-dijamin-tokcer

Materi selsai dilanjutkan dengan Q & A, Dari beberapa pertanyaan yang muncul dapat saya simpulkan sebagai berikut:

Dalam mengumpulkan materi untuk menulis biografi, tidak hanya dari tokohnya saja, namun juga dari orang-orang di sekelilingnya.Maka harus bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang mempengaruhi hidup sang tokoh.

Jika akan menulis biografi orang terkenal harus komunikasi intensif, sabar dan sesuaikan dengan jadwal narasumber, biasanya orang-orang terkenal akan banyak kesibukkan dan menunggu waktu yang pas untuk di mintai keterangan. Karena biografi  adalah cerita Fakta, bukan Fiksi maka alur ceritanya mengalir sesuai aslinya.

Dalam menulis buku Biografi, selain menulis tokoh yang bisa digunakan sebagai narsum yaitu bisa dari pihak keluarga, teman dekat atau orang yang tutrut andil dalam mempengaruh kehidupan tokoh. Hal-hal apa yang harus dihindari dalam menulis biografi adalah menuliskan kekurangan-kekurangan tokoh, terutama yang merupakan aib dari tokoh yang bersnagkutan.

Dlm penulisan biografi ada istilah sumber primer dan sekunder. Sumber primer itu adalah sesuatu yang berkenaan langsung dengan peristiwanya.Sedangkan sumber sekunder suatu peristiwa dari sumber yang tidak berkenaan langsung

Clossing stetment dari narsum yang indah:

Menulis tiada berbatas, dalam arti semua bisa menjadi tulisan yang bermanfaat

Namun walau tiada berbatas, dalam menulis harus tetap memperhatikan kode etik kepenulisan.

Apalagi jika menulis di medsos atau media digital..

Yang pastinya jika tidak sesuai kode etik yang berlaku, akan mendapatkan peringatan, hujatan atau apalah itu.  Dan bukan saja dari pembaca saja, namun dari googlenya juga akan diperingatkan

MELINTAS.ID siap mewadahi karya-karya nan apik dan akan maju bersama MELINTAS.ID..

Dan dtutup dengan kata-kata motivasi dari moderator Menulis mengajarkan kita bahwa yang terucap bisa saja kita lupakan. Namun, yang kita tuliskan akan selalu ada. Apik!

Semoga kedepan lebih konsisten lagi dalam menulis! Karena motivasi terbesar adalah diri sendiri ” your are your own worst eneny”. Keputusan dan tindakan dapat menjadi faktor yang paling menghambat kemajuan dan perkemabngan. Dan semoga apa yang di dapat pada malam ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan bukan hanya sekadar materi.

Salam bahagia, salam literasi!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar dengan AI (Artificial Intelligence)

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Menulis Itu Mudah