BERPRESTASI DAN GO INTERNASIONAL BEKAH MENULIS

Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI

Judul                  : Berprestasi dan go internasional berkah menulis

Resume ke         : 27

Gelombang        : 30

Hari/Tanggal     : Jumat, 15 Desember 2023

Nara Sumber    : Rita Wati, M. Kom.

Moderator         : Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd.

Resume ke 27 ini banyak memberikan ilmu dan pengalaman baru tentang dunia kepenulisan salah satunya tentang prestasi dalam menulis yang bisa membawa ke internasional. Awal beliau menulis karena memiliki cita-cita ingin menerbitkan buku sendiri. Ketertarikan saya menulis karena ingin membuat jejak pena agar tulisan-tulisan saya kelak dibaca oleh anak cucu. Sebelum ke materi beliau memperkenalkan diri dan kita sama-sama kenalan di link padlet yang beliau share. Menarik saya suka.


Melihat CV narasumber yang sudah menerbitkan buku begitu banyak dengan segudang prestasi-prestasi beliau yang luar biasa banyaknya.Kata Bunda Rita panggilan hangat dari TSO prestasi beliau muncul semenjak bergabung di KBMN. Setiap tahunnya prestasi beliau melimpah ruah. Dan semenjak aktif di KBMN undangan sebagai narasumbermulai berdatangan.

Manfaat menulis:

·       Meredakan stress

·       Menecahkan masalah dengan lebih baik

·       Menuangkan perasaan sesuai keinginan

·       Memperbaiki suasana hati

·       Meningkatakan daya ingat

 

Saya baru mengetahui ternyata dengan menulis dapat meredaan stress yah!

selain manfaat dari menulis beliau juga memaparkan apa tujuan anda menulis?

  •        Sekedar ingin belajar
  •     Terpaksa
  •     Hobi
  •     Meningkatkan prestice
  •     Tambahan penghasilan

Saya pribadi menulis karena ingin punya jejak pena dan mengasah kata dalam berliterasi, terkadang ingin menuangakn ide-ide agar tidak berhamburan, menyimpannya di blog dan membacanya ketika senggang. Dan dipertemukan dengan orang hebat  disini sangat beruntung sekali saya belum ada niat untuk menerbitkan buku, tetapi setelah megikuti pelatihan ini saya ingin juga punya buku solo yang di cover bukunya tertulis nama saya. Wah pasti pak RT bangga punya warga macam saya hehe,,,.tapi tujuan utamanya lebih ke mengasah kata dan menyusunnya menjadi sebuah kalimat yang utuh. Agar tulisan-tulisan kita bermakna. Buku pertama beliau  yaitu 25 Trik jitu menulis dan menerbitkan buku. Menurut beliau kebanyakan bukunya tentang tantangan menulis bersama Prof Eko. Ada juga Antologi cerpen yang beliau ikuti pada lomba menulis bulan Februari selama sebulan pada tahun 2022 dan mendapat peringkat 9. Di buku tersebut berisi 30 cerpen tentang Tiara.

Berikt beberapa tips menulis (Sumber: KBMN 30)



Beliau juga menulis buku Biaografi Direktur eksekutif Bank BI wilayah Nusra Bali. Selain itu beliau juga menulis buku denagn beliau terbitkan ketika mengikuti tantangan bersama Komunitas AISEI. Keren! Tidak hanya itu setelah selesaidan berprestasi di menulis beliau juga mulai mencoba mengikuti kompetisi blog, wah apa lagi ini? dan meraih juara satu lomba blog di Indihome tingkat nasional dari ribuan naskah di blog itu. Keren! Setelah merambah ke kompetisi blog beliau juga mulai mengikuti kompetisi lainnya sayembara video maupun video pembelajaran dan minggu lalu saya menjadi pemenang sayembara video DTS Adarakarya 2023 yang diselenggarakan oleh BPSDM Kominfo Yogyakarta. Hebat! Ini sih masternya jago pisan euyy!! Selain mengikuti kompetisi beliau juga mulai merlirik beasiswa LPDP. Ckckckk,,,kagum! Dan di Tahun 2022 saya menjadi peserta CS50x Harvard University.  Sekarang beliau berkesempatan menjadi pendamping peserta tahun 2023 yang SK nya langsung dari GTK Kmendikbud. Selain itu di Tahun 2022 dan 2023 beliau juga bekesempatan menjadi peserta ALCoB Volunteer kerjasama Kemendikbud dengan Kementrian Pendidikan Korea Selatan. Semua tidak lepas dari menulis karena pendaftarannya ada pengisian essay. Amazing!

Berikut tips dan trik menulis yang beliau bagikan agar tidak boring, yuk simak:




karena saya masih penasaran daripada dipendam unek-unek dan jadi jerawat kan ga bae yah akhirnya saya memberanikan diri untuk bertaya, berikut pertanyaannya:

1) Bagaimana membuat ide diisi kepala menjadi sebuah tulisan yang indah dan bermakna dan dapat dipahami oleh pembaca terkadang ide banyak namun sulit untuk rangakai dan diungkapkan dengan kata-kata? 

2) Izin punten jika berkenan darimana ibu dapat info lomba yang ibu ikuti misalnya kompetensi blog dan lain-lain yang tadi saya simak luar biasa semuanya?

3) Dari semua kegiatan yang ibu lakukan tentang mengatur waktu di pekerjaan Bagaimana menselaraskan antara waktu di rumah kerjaan dan hobi agar semuanya dapat dilakukan dengan baik? 

dan ini jawaban beliau:

1) Untuk membuat ide yang indah itu  harus rajin membaca, seraching referensi dan research kemudian menulislah mengalir apa adanya kemudian jika selesai baca berulang dan lakukan editing. 

2) Untuk lomba blog u bisa searching di google contoh lomba blog bulan desember 2023 atau search di ig atau fb

3) Manajemen waktu yang bisa mengatur hanya kita sendiri bu tahun lalu saya mengikuti cs50 harvard  kelas malam , sore saya kuliah s2  dan pagi sampai siang saya mengajar dengan segala tugas tambahan alhamdulillah semua dapat terselesaikan dengan baik dan berkesempatan menjadi wisudawati terbaik jenjang, cs50 lulus dengan with honor . pointnya dahulukan yang utama.

Mudah-mudahan apa yang saya dapatkan malam ini jadi langkah awal untuk terus menulis dan tidak ogah-ogahan lagi kedepannya. Aamiin.


Salam literasi #Pojok kamar sembari ngopi!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar dengan AI (Artificial Intelligence)

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Menulis Itu Mudah