AKSI NYATA MODUL 1.1 CGP9
AKSI
NYATA MODUL 1.1 FILOSOFI KHD CGP9
Kelas : A.68
Unit Kerja : SDN Cibetik
Fasilitator : Ibu Siti
Ruaida Tomu, S.Pd
Pengajar Praktik : Hayati Nufus, M.Pd
JURNAL REFLEKSI
Ø
Perasaan selama melakukan perubahan dikelas
Selama
mengikuti pendidikan guru penggerak pada modul 1.1 saya merasa pembelajaran
yang sebelumnya saya lakukan lebih terpusat pada guru padahal seharusnya
pembelajaran berpusat pada anak sehingga anak kurang mengeksplor kemampuannya,
kurang Mandiri dan tidak memiliki kebebasan dalam berekspresi saya banyak
belajar tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara sehingga saya dapat memperbaiki
pembelajaran yang telah saya lakukan.
Filosofi
pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara ini menyadarkan saya pentingnya
memberikan pendidikan yang menuntun dibanding hanya sekedar mengajar saja saya
harus memberikan contoh teladan yang baik kepada murid.
Ø Ide
atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
Ide
dan gagasan yang timbul selama proses perubahan yaitu mengubah metode
pembelajaran yang awalnya teacher center menjadi student center dengan
menerapkan nilai-nilai kolaboratif aktif, mandiri dan berani.
Ø Pembelajaran
dan pengalaman
Sebelum
saya melakukan aksi nyata penerapan pemikiran Ki Hajar Dewantara saya lakukan
tahap perencanaan terlebih dahulu yaitu berdiskusi dengan teman sejawat.
Selain
itu saya menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP.
Saat
pelaksanaan kegiatan pembelajaran diawali dengan pembiasaan berdoa terlebih
dahulu untuk memunculkan sifat religious.
Setelah
itu saya mulai menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Peserta
didik membuat kelompok belajar sesuai dengan kesepakatan bersama.
![]() |

Selanjutnya
murid di tiap-tiap kelompok mencari bahan yang ada dilingkungan sekitar sebagai
sarana prasaran dalam pembelajaran, kemudian mendiskusikan dan menyesuaikan
jawaban sesuai perintah, mereka berkolaborasi dan aktif dalam melakukan tugas
yang diberikan yaitu mencari jenis-jenis tulang daun di sekitar lingkungan
sekolah mencatat dan mengisi lembar kerja kelompok. Mereka tampak antusias dan
penuh semangat dalam kegiatan ini.
![]() |
|||
![]() |
Setelah selesai masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
Di
akhir pembelajaran saya memberikan penguatan terhadap hasil-hasil dari presentasi
kelompok yang mereka lakukan.
Setelah
kegiatan pembelajaran selesai selalu dibiasakan untuk berdoa dan bersalaman.
Jika jam pelajaran telah
usai dari kegiatan pembelajaran tersebut saya harus melakukan refleksi apa saja
yang menjadi tantangan dan solusi agar pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.
Adapun yang menjadi
tantangan adalah masih ada beberapa murid yang tidak mau bekerja sama dengan
temannya hanya diam saja atau mengandalkan teman dan masih ada beberapa murid
yang malu-malu saat presentasi ke depan.
Solusi yang bisa saya
berikan adalah melakukan pembimbingan secara personal dan melatih mereka untuk
berani berbicara di depan dengan membiasakan melakukan kegiatan serupa agar
terbiasa dalam presentasi.
TESTIMONI GURU DAN SISWA
v Ibu
Yuli Yuriah (Guru Kelas)
Assalamualaikum
warahmatullahi Saya Yuli Yuriah, S.Pd. Saya merupakan salah satu rekan sejawat
dari ibu Atin Mintarsih yang sedang mengikuti program pendidikan guru penggerak
angkatan 9. Pembelajaran yang dilakukan ibu Atin dengan metode Diskusi kelompok
dan presentasi sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ki Hajar Dewantara yaitu
aktif kolaboratif Mandiri dan berani. Sukses terus untuk ibu Atin Mintarsih dan
sukses juga untuk program guru penggerak angkatan 9 Sekian dari saya. Wassalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
v Agis
Sabila (Siswi Kelas IV)
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan saya Agis Sabila saya kelas IV di SDN
Cibetik. Saya sangat senang sekali belajar dengan ibu Atin apalagi pelajaran
hari ini Keluar kelas untuk mencari sumber belajar. Saya sekarang jadi mengetahui jenis-jenis
tulang daun berdasarkan kelompoknya. Terima kasih ya Bu telah mengajarkan kami
pelajaran yang sangat menyenangkan. Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar