AKSI NYATA MODUL 1.1 CGP9

 

AKSI NYATA MODUL 1.1 FILOSOFI KHD CGP9

 

Nama                           : Atin Mintarsih, S.Pd

Kelas                           : A.68

Unit Kerja                   : SDN Cibetik

Fasilitator                    : Ibu Siti Ruaida Tomu, S.Pd

Pengajar Praktik         : Hayati Nufus, M.Pd

 

JURNAL REFLEKSI

Ø  Perasaan  selama melakukan perubahan dikelas

Selama mengikuti pendidikan guru penggerak pada modul 1.1 saya merasa pembelajaran yang sebelumnya saya lakukan lebih terpusat pada guru padahal seharusnya pembelajaran berpusat pada anak sehingga anak kurang mengeksplor kemampuannya, kurang Mandiri dan tidak memiliki kebebasan dalam berekspresi saya banyak belajar tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara sehingga saya dapat memperbaiki pembelajaran yang telah saya lakukan.

Filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara ini menyadarkan saya pentingnya memberikan pendidikan yang menuntun dibanding hanya sekedar mengajar saja saya harus memberikan contoh teladan yang baik kepada murid.

Ø  Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan

Ide dan gagasan yang timbul selama proses perubahan yaitu mengubah metode pembelajaran yang awalnya teacher center menjadi student center dengan menerapkan nilai-nilai kolaboratif aktif, mandiri dan berani.

Ø  Pembelajaran dan pengalaman

*    Sebelum saya melakukan aksi nyata penerapan pemikiran Ki Hajar Dewantara saya lakukan tahap perencanaan terlebih dahulu yaitu berdiskusi dengan teman sejawat.

*    Selain itu saya menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP.

*    Saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran diawali dengan pembiasaan berdoa terlebih dahulu untuk memunculkan sifat religious.

*    Setelah itu saya mulai menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

*    Peserta didik membuat kelompok belajar sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

 

 

 

 

 


*    Selanjutnya murid di tiap-tiap kelompok mencari bahan yang ada dilingkungan sekitar sebagai sarana prasaran dalam pembelajaran, kemudian mendiskusikan dan menyesuaikan jawaban sesuai perintah, mereka berkolaborasi dan aktif dalam melakukan tugas yang diberikan yaitu mencari jenis-jenis tulang daun di sekitar lingkungan sekolah mencatat dan mengisi lembar kerja kelompok. Mereka tampak antusias dan penuh semangat dalam kegiatan ini.

 

 

 

 

 

 


*     Setelah selesai masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.

 

 

 

 

 

 

 

*    Di akhir pembelajaran saya memberikan penguatan terhadap hasil-hasil dari presentasi kelompok yang mereka lakukan.

*    Setelah kegiatan pembelajaran selesai selalu dibiasakan untuk berdoa dan bersalaman.

Jika jam pelajaran telah usai dari kegiatan pembelajaran tersebut saya harus melakukan refleksi apa saja yang menjadi tantangan dan solusi agar pembelajaran berikutnya lebih baik lagi.

Adapun yang menjadi tantangan adalah masih ada beberapa murid yang tidak mau bekerja sama dengan temannya hanya diam saja atau mengandalkan teman dan masih ada beberapa murid yang malu-malu saat presentasi ke depan.

Solusi yang bisa saya berikan adalah melakukan pembimbingan secara personal dan melatih mereka untuk berani berbicara di depan dengan membiasakan melakukan kegiatan serupa agar terbiasa dalam presentasi.

TESTIMONI GURU DAN SISWA

v  Ibu Yuli Yuriah (Guru Kelas)

Assalamualaikum warahmatullahi Saya Yuli Yuriah, S.Pd. Saya merupakan salah satu rekan sejawat dari ibu Atin Mintarsih yang sedang mengikuti program pendidikan guru penggerak angkatan 9. Pembelajaran yang dilakukan ibu Atin dengan metode Diskusi kelompok dan presentasi sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ki Hajar Dewantara yaitu aktif kolaboratif Mandiri dan berani. Sukses terus untuk ibu Atin Mintarsih dan sukses juga untuk program guru penggerak angkatan 9 Sekian dari saya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

v  Agis Sabila (Siswi Kelas IV)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh perkenalkan saya Agis Sabila saya kelas IV di SDN Cibetik. Saya sangat senang sekali belajar dengan ibu Atin apalagi pelajaran hari ini Keluar kelas untuk mencari sumber belajar.  Saya sekarang jadi mengetahui jenis-jenis tulang daun berdasarkan kelompoknya. Terima kasih ya Bu telah mengajarkan kami pelajaran yang sangat menyenangkan. Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pustaka AI: Mengarungi Dunia Baru Menulis Buku Ajar dengan AI (Artificial Intelligence)

Kiat Menulis Cerita Fiksi

Menulis Itu Mudah